Tuesday 10 September 2013

Tawasul Minta Hujan ke Makam Nabi saw & Paman Nabi

Kitab "Fathul Bari Syarah Shohih al-Bukhori" jilid 2 

Nama kitab: Umdatul Qari Syarah Shohih Al-Bukhori (12 Jilid Besar / 25 Juz) Karya: As-Syaikh Al-Imam Badruddin Abi Muhammad Mahmud bin Ahmad Al-'Aini Tahun Wafat: 855 H / 1451 M Penerbit: Darul Fikr, Beirut - Libanon

Boleh hukumnya bertawassul kepada para Nabi, paman Nabi saw, dan orang-orang yang ahli berbuat kebajikan / kemashlahatan (misalnya waliyullah dan orang-orang sholeh), sebagaimana diterangkan di dalam kitab hadits "Fathul Bari Syarah Shohih al-Bukhori", "Umdatul Qari Syarah Shohih al-Bukhori" dsb, di antaranya pada kitab "Fathul Bari Syarah Shohih al-Bukhori) jilid 2 halaman 626 - 627 (lihat tulisan yang ada di foto) dengan keterangan sebagai berikut: 

Artinya
=====

Telah menceritakan kepada kami Hasan bin Muhammad, dia berkata: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah al-Anshari, dia berkata: Telah menceritakan kepada saya Abi Abdullah bin al-Mutsanna dari 'Umamah bin Abdillah bin Anas dari Anas bahwa sesungguhnya Umar bin Khottob radiyallahu 'anhu apabila orang-orang tertimpa musim kemarau yang sangat panjang, beliau memohon diturunkan hujan dengan bertawassul kepada Abbas bin Abdul Muthallib. Kemudian beliau berkata: 

"ALLAAHUMMA INNA KUNNA NATAWASSALU ILAIKA BINABIYYINA FATASQIINA WA INNA NATAWASSALU ILAIKA BI'AMMI NABIYYINA FASQINA QAALA: FAYUSQAUNA."

{YA ALLAH ! SESUNGGUHNYA KAMI BERTAWASSUL KEPADAMU DENGAN PERANTARAAN NABI KAMI, MAKA TURUNKANLAH KAMI HUJAN ! DAN, SESUNGGUHNYA KAMI BERTAWASSUL KEPADAMU DENGAN PERANTARAAN PAMAN NABI KAMI, MAKA TURUNKANKANLAH KAMI HUJAN ! BELIAU BERKATA: KEMUDIAN ORANG-ORANG ITU DITURUNKAN HUJAN (OLEH ALLAH SWT) }.







Di dalam kitab "Fathul Bari Syarah Shohih al-Bukhori" jilid 2 halaman 627 (lihat tulisan di foto pada baris 12-15 dari atas) diterangkan sebagai berikut:

Artinya:
=====
"Pada zaman pemerintahan Umar bin Khottob orang-orang tertimpa kemarau yang sangat panjang. Kemudian, ada seorang laki-laki berziarah ke makam Nabi saw. Dia berkata: Ya, Rasulullah ! Mintakanlah hujan (kepada Allah) untuk ummatmu ! Karena, mereka sedang mengalami kerusakan (kelaparan). Kemudian, laki-laki itu tertidur. Di dalam tidurnya dia bermimpi Nabi saw. Kata Nabi: Datanglah kepada Umar ! Al-Hadits.

Imam Saif meriwayatkan di dalam kitab "Al-Futuh" bahwa laki-laki yang bermimpi Nabi saw itu adalah Bilal bin al-Hatits al-Mazani, salah seorang sahabat Nabi saw.


Kitab "Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari" karya Al-Imam Al-Hafidz Syihabuddin Ibnu Hajar Al-'Asqalani (Lahir 12 Sya'ban 773 H / 18 Pebruari 1372 M dan wafat 28 Dzul-Hijjah 852 H / 22 Pebruari 1449 M), cetakan kedua "Darul Ma'rifat", Beirut - Libanon

Nama kitab: Irsyadus Sari Syarah Shohih Al-Bukhori (10 Jilid Besar)

Nama kitab: Kirmani Syarah Shohih Bukhori (13 Jilid Besar)

Nama kitab: Shohih Al-Bukhori (4 Jilid) Karya: Imam Al-Bukhori 

CATATAN
======

1. BIOGRAFI IMAM IBNU HAJAR AL-ASQALANI:
--------------------------------------------------
http://www.facebook.com/note.php?note_id=273073116076252

2. Awas hati-hati dan waspada dengan kitab hadits "Fathul Bari Syarah Shohih al-Bukhori" yang sudah dipalsukan (ditahqiq) Wahabi / Salafi:
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.294767697234531.70139.100001039095629&type=1

No comments:

Post a Comment